Kajian II "Manajemen Konflik" - MATRIX SC

About

Kajian II "Manajemen Konflik"

Managemen Konflik

Pemateri: Kakanda Habibi

Manejemen konflik adalah suatu proses rasional yang sifatnya literaktif dimana proses tersebut terjadi secara terus menerus mengalami penyempurnaan hingga tercapai model yang refresentatif dan ideal :

Tujuan management konflik:

1.     1. Mencegah ganguan pada anggota organisasi sehingga bisa focus pada visi dan misi

     2. Meningkatkan kreaktivitas anggota organisasi serta menghargai keberagaman

3.    3. Membangun rasa saling menghormati di antara sesama anggota

Manfaat management konflik:

1.   1. Mengamati system pada efektifitas system yang di terapkan

2.    2. Mengembangkan kompetensi terutama pada aspek non-tekhnis

Strategi management konflik:

1.    1. Pengenalan (pengenalan masalah yang terjadi ,keadaan sekitar ,siapa saja yang terlibat dan lain –lain)

2.    2. Diagnosis (menganalisa untuk mencari tahu penyebab dari konflik )

3.   3. Menyepakati solusi (menentukan solusi yang dirasa paling tepat dlam menyelesaikan konflik )

4. 4. Pelaksanaan (semua pihak yang terlibat dalam konflik perlu menerima serta melaksanakan kesepakatan tersebut sebaik-baiknya)

5.     5. Evaluasi (untuk melakukan pendekatan alternatif terhadap konflik lain yang mungkin terjadi

Tipe management konflik

1.  1. Avoiding (menghindari konflik untuk menjaga lingkungan supaya terhindar dari konflik terbuka )

2.     2. Acomoding (mengumpulkan ragam pendapat dari banyak pihak yang berkonflik )

3.     3. Compromising

a.      separasi ( memisahkan pihak yang berkonflik )

b.     atrasi (pihak yang berkonflik tunduk pada keputusan dari pihak ketiga )

c.      mengambil keputusan berdasar pada factor kebetulan

d.     menyogok ,imbalan yang di terima salah satu pihak untuk mengakhiri konflik yang terjadi

4.  4. Competing,untuk menyelesaikan konflik dengan cara mengarahkan pada pihak yang terlibat konflik  untuk bersaing memenangkan keptingan pihak masing”

5.   5. Collaborating ,penyelesaian konflik dengan cara bekerja sama untuk memperoleh hasil memuaskan ,semua pihak untuk menyelesaikan masalah dengan memperhatikan kepentingan dari semua pihak

 

1 Komentar untuk "Kajian II "Manajemen Konflik""

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel