Kajian IV "Filsafat Pendidikan" - MATRIX SC

About

Kajian IV "Filsafat Pendidikan"

Filsafat Pendidikan

Pemateri: Kakanda Asy'ari

Filsafat dan pendidikan sebenarnya adalah dua istilah yang mempunyai makna sendiri. Akan tetapi ketika digabungkan akan menjadi sebuah tema yang baru dan khusus. Filsafat pendidikan tidak dapat dipisahkan dari ilmu filsafat secara umum. Filsafat pendidikan memandang kegiatan pendidikan sebagai objek yang dikaji, baik secara Ontologis, Epistemologis, maupun Aksiologis.

Filsafat pendidikan berupaya untuk memikirkan permasalahan pendidikan  Salah satu yang dikritisi secara konkret adalah relasi antara pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran. Pengertian filsafat menurut para ahli menyatakan bahwa arti dari filsafat pendidikan adalah sebuah cara untuk berpikir tentang pendidikan secara mendalam demi tercapai yang namannya kebijaksaan dari pendidikan itu sendiri. Kebijaksanaan dalam dunia pendidikan akan bisa tercapai dengan dipadukan antara pendidikan dengan filsafat.

Filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara disebut dengan filsafat pendidikan among yang di dalamnya merupakan konvergensi dari filsafat progresivisme tentang kemampuan kodrati anak untuk mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi dengan memberikan kebebasan berpikir seluas-luasnya, dipadukan dengan pemikiran esensialisme yang memegang teguh kebudayaan yang sudah teruji selama ini. Dalam hal ini Ki Hadjar Dewantara menggunakan kebudayaan asli Indonesia sedangkan nilai-nilai dari Barat diambil secara selektif adaptatif sesuai dengan teori trikon (kontinyuitas, konvergen dan konsentris). Tiga kontribusi filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara terhadap pendidikan Indonesia adalah penerapan trilogi kepemimpinan dalam pendidikan, tri pusat pendidikan dan sistem paguron.

Menurut Ki Hadjar Dewantara, pendidikan adalah usaha kebudayaan yang bermaksud memberikan bimbingan dalam hidup tumbuhnya jiwa raga anak didik agar dalam garis-garis kodrat pribadinya serta  pengaruh-pengaruh  lingkungan,  mendapat  kemajuan  hidup lahir batin

itulah sangat perlunya pendidikan pada anak usia belia saat itu untuk bekal mereka di kemudian hari .

Belum ada Komentar untuk "Kajian IV "Filsafat Pendidikan""

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel